Detail Info Terkini

Berdasarkan pantauan Badan Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, aktivitas Gunung Merapi menunjukkan peningkatan. BPPTKG menaikkan status Gunung Merapi dari tingkat waspada ke siaga (level III), yang berlaku mulai 5 November 2020 sejak pukul 12.00 WIB.
 

Seiring kabar tersebut, sebagaian warga yang tinggal di dekat kawasan Gunung Merapi di wilayah Kabupaten MagelangJawa Tengah, mulai mengungsi pada Jumat, 6 November 2020.

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto menyebutkan, semalam ada kesepakatan dari aparat Desa Paten, Krinjing, dan Ngargomulyo di Kecamatan Dukun untuk mulai mengungsikan sebagian warga guna meminimalkan dampak jika Gunung Merapi meletus.

 

Berdasarkan data kegempaan yang diperhatikan Mbah Rono, meskipun data tersebut belum cukup kuat, jika terjadi letusan dalam waktu dekat, maka letusannya tidak sebesar erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010.



Namun, apabila benar-benar akan terjadi letusan dalam waktu dekat, maksimum kejadian letusan itu seperti pada tahun 2006, di mana akan ada guguran kubah lava yang diikuti awan panas guguran.

Sumber : Berbagai sumber

Share:

Tags: