Detail Info Terkini

Banjir setinggi 90 sentimeter menggenangi ratusan rumah di perumahan Vila Nusa Indah, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor. Banjir terjadi akibat luapan sungai Cileungsi yang melintasi sekitar perumahan Vila Nusa Indah dan mengalir hingga Bekasi.

"Banjir masih terjadi di Vila Nusa Indah 1 dan 2. Wilayah yang terendam di Vila Nusa Indah 1 itu ada RW, 13, 14, 15, 16 dan 17 dengan ketinggian 10-90 sentimeter. Lebih dari seratus rumah," kata Ketua Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Bogor, Taufik kepada detikcom, Senin (8/2/2021).

Luapan Sungai Cileungsi mulai membanjiri Perumahan Vila Nusa Indah sejak sekitar pukul 09:00 WIB. Hingga saat ini, ketinggian air yang menggenangi rumah warga mencapai 90 sentimeter.

"Kalau air meluap tadi kisaran pukul 09.00 WIB hingga top level jam 11.00 WIB, bertahan sampai saat ini. Tapi ini tergantung cuaca di hulu Sungai Cileungsi, kalau di hulu hujan dipastikan air kembali meluap dan banjir meningkat di sini," kata Petugas Tagana Kabupaten Bogor Mardi yang bersiaga di Perumahan Vila Nusa Indah.

Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Bogor mengakibatkan terjadinya bencana di beberapa titik. Selain banjir di Vila Nusa Indah, Gunungputri, Bogor, bencana longsor juga terjadi di kawasan Tanjungsari Kabupaten Bogor. Di titik ini, longsor mengakibatkan jalan alternatif Bogor-Cianjur tak bisa dilalui kendaraan.

Sumber : newsdetik.com

Share:

Tags: