Detail Info Terkini

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengungkapkan temuan virus corona varian baru bernama B117 UK ini datang dari dua warga Karawang setelah menjalani perjalanan internasional.

"Virus varian B117 UK ini terdeteksi ada di karawang dari warga karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways, sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari. sudah dilaksanakan, tapi virusnya tidak mau hilang. Tim sedang melacak, tracing dan testing," kata dia usai rapat komite penanganan Covid-19 di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (3/3)

Ia meminta jajaran pemerintah di Kabupaten Karawang, beserta Kapolres dan Dandim bekerja lebih keras untuk mengantisipasi penyebaran virus. Deteksi cepat sangat penting agar pengendalian bisa dilakukan secara maksimal.

"Jangan sampai kecolongan kita tidak bisa mengendalikan, mumpung masih kecil, harus segera dideteksi. Kalau telat, harga treatmentnya sangat mahal sekali," terang Ridwan Kamil.

Berdasarkan data yang diterima, virus corona varian baru ini menjangkiti dua orang warga Karawang usai bepergian dari luar negeri. Ia meminta tim peneliti termasuk dinas kesehatan segera melakukan kajian untuk penanganan yang dilakukan.

Kajian yang masih dalam proses itu pun nantinya digunakan untuk melakukan pencegahan. Sejauh ini, mutasi virus yang ditemukan di dua warga karawang tersebut dipastikan bukan mutasi lokal.

Dan keterangan dari diskominfo pasien yang terkena virus baru B117 sudah dinyatakan negatif

Sumber : berbagai sumber

Share:

Tags: