Detail Info Terkini

Kapal Motor (KM) Karya Indah mengalami insiden kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut). Ada sebanyak 181 orang penumpang di atas kapal tersebut.

Kapal KM Karya Indah dengan rute Ternate - Sanana dikabarkan mengalami kebakaran kurang lebih 5 mil arah Timur Laut dari Pulau Lifamatola.

"Betul ada kapal penumpang yang terbakar," kata Kabid Humas Polda Malut, Kombes Adip Rojikan, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (29/5/2021).

KM Karya Indah berlayar dari Pelabuhan Ternate dan menuju Pelabuhan Sanana, ibu kota Kabupaten Kepulauan Sula. Proses evakuasi sedang dilakukan.

"Saat ini petugas telah melakukan pertolongan terhadap korban, sesuai jumlah manifest sejumlah 181 orang, yang sudah dievakuasi sekitar 81 orang," kata dia.

Dikabarkan seluruh penumpang kapal tersebut selamat. Jumlah itu terdiri dari 22 anak buah kapal (ABK), penumpang dewasa 155 orang, dan penumpang lansia 4 orang.

Dalam video yang beredar, tampak seluruh penumpang mengenakan pelampung. Sementara, kapal tersebut terlihat ditutupi asap hitam tebal.

Para penumpang dievakuasi ke Desa Waisum yang tidak jauh dari lokasi kapal terbakar. Nantinya mereka akan dibawa ke Sanana.

Proses evakuasi penumpang melibatkan tim Basarnas, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Sanana, kepolisian, dan masyarakat.

Belum diketahui penyebab kebakaran kapal ini.

Sumber : nasionalpkezone.com, newsdetik.com

Share:

Tags: