Detail Info Terkini

Gempa bumi kembali getarkan sejumlah wilayah di Tanah Air, Kamis (3/6/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya menyampaikan, hingga pukul 20.00 WIB tercatat ada empat kali gempa yang mengguncang Indonesia.

Gempa pertama terjadi di Kota Sabang, Aceh dengan kekuatan mencapai magnitudo 4 pada pukul 01:38:15 WIB. Guncangan gempa terasa hingga Sabang dalam skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Selain itu, BMKG melaporkan gempa kedua terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara pada 09:31:37 WIB. Gempa berpusat di laut dengan kekuatan megnitudo 5,2.

Meski BMKG memastikan gempa tersebut tak berpotensi tsunami, guncangannya terasa hingga Tahuna dengan skala II MMI.

Gempa juga getarkan barat daya Ternate, Maluku Utara dengan magnitudo 6,1. Guncangannya bahkan terasa hingga Ternate III MMI, lalu Labuha dan Manado masing-masing dalam skala II-III MMI.

Gempa disebut BMKG tak berpotensi tsunami. Namun, masyarakat diminta tetap waspada pada gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Berikutnya, lindu menggoyang Kota Manokwari Selatan dengan magnitudo 4,6. Getarannya dirasakan hingga Ransiki III MMI. Berpusat di laut, gempa berada di kedalaman 88 kilometer.

1. Gempa Sabang, Aceh

Gempa bumi mengguncang Kota Sabang, Aceh pada pukul 01:38:15 WIB. Lindu berkekuatan magnitudo 4.
Melalui laman resminya, BMKG melaporkan pusat gempa terjadi di darat dengan kedalaman 5 kilometer.

Lokasi gempa terletak pada pada koordinat 5,87 Lintang Utara (LU) dan 95.25 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya di 8 kilometer barat daya Kota Sabang.

2. Gempa Melonguane, Sulut

Selanjutnya, pada 09:31:37 WIB, gempa mengguncang wilayah Melonguane, Sulut. Guncangan tersebut memiliki kekuatan magnitudo 5,2.

BMKG memastikan gempa yang terjadi tak berpotensi tsunami. Pusat gempa terjadi di laut dengan kedalaman 51 kilometer.

Lokasi tepatnya terletak pada koordinat 4,71 Lintang Utara (LU) dan 126,17 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya di 97 kilometer barat laut Melonguane.

3. Gempa Ternate, Malut

Gempa bumi juga terjadi di Ternate, Maluku Utara. Gempa bermagnitudo 6,1 terjadi pada pukul 17:09:58 WIB. Guncangannya bahkan terasa hingga Kota Manado. 

Meski tak berpotensi tsunami, warga diimbau untuk mewaspadai gempa susulan yang mungkin terjadi.

"Kedalaman gempa 10 kilometer," demikian kata BMKG.

Sementara, koordinat titik gempa dilaporkan terletak pada 0,35 LU dan  126,22 BT. Atau lebih tepatnya di 135 Km barat daya Ternate.

4. Gempa Manokwari Selatan

Sedangkan gempa bumi keempat terjadi di wilayah Manokwari Selatan, Papua. BMKG mencatat gempa terjadi pada pukul 18:00:31 WIB dengan magnitudo 4,6. 

Gempa dilaporkan terjadi di laut dengan kedalaman 88 kilometer.

Sementara, koordinat titik gempa terletak pada 1,6 LS dan 134,16 BT. Atau tepatnya di 78 km tenggara, Manokwari Selatan.

Sumber : liputan6.com

Share:

Tags: