Kolom Inspirasi

Siapa diantara Anda yang hobi memelihara ikan? atau punya hobi memancing? Yang penting bukan memancing keributan. Hehehe…

Tahukah Anda, salah satu ikan yang cukup menakjubkan dalam perjalanan hidupnya? Namanya si Salmon. Di sungai yang berarus kuat salmon menghadapi perjuangan berat dalam perjalanannya ke tempat mereka bertelur. Mengapa? Karena mereka melawan derasnya arus sungai. Apakah kita menganggap ikan ini mampu berfikir? Tentu tidak, karena makhluk Allah yang diberikan nikmat akal adalah manusia, Iya Kamu . Nah, tugas kita memikirkan alasannya. Mengapa ikan salmon melakukan upaya yang sedemikian rupa? 

Ternyata ikan salmon melakukan perjuangan ini karena tidak ada banyak ikan lain di hulu. Sehingga telur-telur salmon lebih terlindungi dari predator. Sebenarnya bukan hanya salmon, ikan di lautan juga biasa berenang melawan arus untuk mencari makanan. 

Sahabat, tahukah Anda bahwa dalam hidup kita tak akan lepas dari masalah. Pahit, getir dan aneka tantangan kehidupan senantiasa siap menghadang kita kapan saja. Lantas apakah kita akan menyerah begitu saja? Tentu tidak. Kita harus bergerak melawan arus yang menghambat daya gerak kita.

Saya masih teringat pesan guru ngaji saya Alm. Ustadz Zainal Abidin rahimahullah (semoga Allah merahmatinya). Ketika usai mengaji beliau pernah berpesan kepada kami santrinya kala itu. Pesannya singkat. “KAMU JADI ORANG JADILAH SEPERTI IKAN, IKAN HIDUP IA AKAN SELALU MELAWAN ARUS. HANYA IKAN MATI SAJA YANG MENGIKUTI ARUS”

Apa maknanya? Ketika kita masih hidup. Janganlah Anda menyerah dengan keadaan yang menghambatmu. Bergeraklah terus maju meskipun hambatan selalu ada di hadapanmu. Buktikan Anda masih hidup. Masih cukup kuat menghadapi ujian yang setiap saat menghambat. Yakinlah Bahwa Allah tidak membebani diluar batas kemampuanmu.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. Al-Baqarah: 286).

Oleh: Abdullah Makhrus penulis artikel bebas sekaligus penulis buku antologi berjudul New Class New Soul

Ikuti kami di,
FB : KP Foundation
IG : karawangpeduli
Web : www.kpfoundation.id

Share:

Tags: