Kolom Inspirasi

Manusia adalah makhluk sosial, selalu berinteraksi dengan orang lain. Di rumah, di sekolah, pasar, kantor, dan di berbagai tempat lainnya. Kebutuhan untuk berinteraksi sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya. Karena itu manusia tidak bisa hidup normal tanpa orang lain, mereka akan saling membutuhkan, memberi dan diberi, menghargai dan dihargai, serta sederet aktivitas sosial yang lain. Semuanya itu untuk memenuhi kebutuhan sosial, dan aktivitas sosial yang kita lakukan seharusnya memberikan manfaat kepada orang lain. Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain adalah impian setiap orang, Besarnya manfaat kita kepada orang lain akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik.

Bahkan terkait hal ini, dalam suatu hadist Beliau pernah bersabda, “Sebaik – baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah).

Ketika sahabat peduli memberikan manfaat kepada orang lain, sebenarnya manfaat tersebut juga akan kembali untuk diri sendiri. “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri,” (QS. Al-Isra :7). “Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan menyelesaikan kesulitan-kesulitannya di hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat,” (HR. Muslim).

Lalu, bagaimana sih cara agar seseorang bisa bermanfaat bagi orang lain itu? Berikut ada beberapa langkah agar seseorang bisa bermanfaat bagi orang lain, di antaranya:

  1. Berniat atau ada kemauan. Hal utama yang harus dimiliki seseorang ketika akan melakukan sesuatu pasti adanya kemauan. Misalnya, apabila seseorang mempunyai harta, maka dengan harta tersebut orang bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Selain harta, ilmu bahkan tenaga yang kita miliki sekalipun, bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Hal ini tentu tergantung dari niat atau kemauan seseorang dalam melakukannya.
  2. Bertindak atau Take Action Now. Hal ini bisa dimulai dengan melihat sekeliling Anda. Apa ada yang bisa Anda bantu? Adakah yang bisa Anda lakukan? Apabila Anda peka, maka pasti akan banyak yang bisa Anda lakukan untuk memberikan manfaat kepada orang lain.
  3. Membiasakan diri atau menjadikan  sebagai gaya hidup. Apabila memberikan manfaat kepada orang sudah menjadi kebiasaan Anda, maka Anda sudah mulai menjadi pribadi yang bermanfaat. Jika sudah menjadi kebiasaan dan menjadi gaya hidup Anda, maka Anda sudah mulai menjadi pribadi yang bermanfaat.

Yang tidak kalah penting agar kita benar-benar mendapatkan manfaat yang kita berikan kepada orang lain, kita harus ikhlas, karena ikhlas adalah salah satu kunci diterimanya amalan kita. Semoga bermanfaat.

Sumber : Berbagai sumber

 

Share:

Tags: