Kolom Inspirasi

Ada yang unik, haru, ada miris juga... Izinkan saya sampai nanti cerita tentang kampung ini,

Salahsatu tempat di pelosok Karawang, di foto tersebut sedang dibangun mushola,,, apa yang aneh?

"Kita gak tahu kayak gimana sholat, wudhu pun gak tau apa?" kata salah seorang warga.

Lha, ko bisa mau bikin mushola? lalu buat apa?

Begini ceritanya, saya dan tim mendapatkan informasi tentang kampung ini, tidak menyangka ternyata di pelosok Karawang masih ada masyarakat seperti ini, tidak mengenal agama meski KTP mereka berstatus Islam.

Mereka hanya mengikuti ibadah nenek moyang, masih memegang kepercayaan dewa2, ada yang bilang istilahnya buhun, rata-rata mereka berprofesi sebagai petani.

Namun dibalik kepercayaan mereka terhadap ibadah nenek moyang, sebetulnya ada keinginan untuk tahu tentang agama, khususnya Islam, akhirnya dibimbing lah oleh salah satu tim untuk mengenalkan syahadat, mengikrarkan bersama bahwa agama yang benar adalah Islam.

Masya Allah, terharuuu.... ada sekitar 15 kk, 60 lebih jiwa di kampung tersebut, bersyahadat bersama...

Setelah semua sepakat ingin belajar lebih dalam tentang Islam, akhirnya kami berinisiatif menawarkan pembangunan mushola di kampung tersebut, namun tentu membutuhkan tempat/tanah kosong yang nantinya dibangun mushola disitu.

"Kalau saya kasih tanah saya untuk mushola, nanti saya dapat apa?" tanya salahsatu warga.

Masya Allah,,, pertanyaan polos dari masyarakat yang memang belum mengetahui tentang Islam. Setelah dijelaskan tentang keutamaan wakaf sedekah, akhirnya warga tersebut bersedia mewakafka tanah nya untuk dibangunkan mushola disitu.

Tidak sampai disitu, semua warga disana tidak mau kalah untuk ambil kesempatan pahala ini, padahal mereka baru sekali dalam Islam, semua hasil panen yang diperoleh saat itu semua di sedekahkan untuk keperluan pembangunan mushola ini! #Jlebbb serasa bergetar hati saya

Akhirnya terkumpullah sekitar 5-6jt dan langsung dibelanjakan material semuanya, bermodalkan semangat dari dana yang berhasil dikumpulkan, ternyata masih jauh dari harapan mereka untuk bisa membangun mushola ini.

Foto ini adalah hasil patungan mereka semua, inilah ikhtiar mereka,,, tidak mungkin kita diam saja.. Insya Allah yuk kita bareng2 ikut bangun mushola untuk mereka!

Share:

Tags: