Kolom Inspirasi

Hidup berdampingan dengan orang lain adalah karunia dari Allah SWT yang luar biasa. Pasalnya, akan ada banyak hubungan baik yang tercipta di dalamnya. Namun, tentu saja keberagaman setiap orang nyatanya membawa sifat yang unik dan juga bermacam – macam. Jika bertemu dengan yang baik merupakan tempat untuk kita belajar. Lantas, bagaimana jika kita bertemu dengan mereka yang serba kekurangan dalam hal sifat?

Jangan mengeluh dulu. Ini sejatinya merupakan jalan dari Allah SWT agar kita dapat bersedekah jariyah. Loh kok bisa? Tentu saja, membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik bisa dikategorikan sebagai bentuk amalan jariyah loh. Bukan tanpa alasan, pasalnya saat seseorang tersebut berubah atau mampu meninggalkan kebiasaan buruk karena kita, tentu pahala yang sama juga menjadi milik kita.

Salah satu contohnya adalah saat kita menemukan teman yang mungkin tidak terlalu peduli pada kewajiban menjalankan sholat lima waktu. Untuk membantunya berubah, kita mencontohkan dan mengajaknya perlahan menunaikan sholat dengan kata – kata yang baik. Sekali mungkin ia tak peduli. Namun bagaimana jika ajakan yang ketiga kali mengundang perhatiannya? Tentu ia akan bersedia mencoba untuk melakukannya bukan?

Nah, hal seperti inilah yang dapat menjadi amalan jariyah bagi kita. Saat seseorang berubah menjadi lebih baik atas dasar bantuan kita tentu Allah juga akan menghadiahkan keberkahan yang sama pada hidup kita. Jadi, jangan bosan untuk menyampaikan kebaikan meski memang sulit dan penuh tantangan. Lakukanlah hanya untuk Allah SWT saja, maka semuanya akan terasa lebih mudah.
 

Share:

Tags: