Kolom Inspirasi

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah bersedekah. Sedekah memberikan banyak manfaat  salah satu yang paling utama adalah dalam menyelamatkan kehidupan seseorang yang sedang membutuhkan. Sementara, dalam ajaran agama Islam bagi mereka yang menyedekahkan sebagian hartanya dapat menjadi pertolongan atau menghindari dirinya dari mara bahaya.

Oleh karena itu, sedekah sejatinya dilakukan dengan ikhlas dan pada saat – saat yang tidak terbatas. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk bersedekah di beberapa waktu utama. Apa saja kira – kira?

Bersedekah saat sehat dan berencana menggapai cita – cita sesungguhnya menguji diri kita untuk bisa berbagi dengan orang lain. Bukan tanpa alasan, saat kondisi tubuh prima biasanya manusia akan lupa bersedekah terkait menyelesaikan urusan dunia. Bagi mereka yang mengingat dan menyempatkan diri bersedekah tentu saja akan diberikan pahala luar biasa dari Allah SWT.

Tidak hanya itu, bersedekah saat kita sedang dalam keterbatasan juga sangat dianjurkan loh. Ini juga merupakan tantangan apakah kita masih ingat untuk berbagi dengan orang lain meski harta yang dimiliki tak mampu mencukupi kebutuhan pribadi. Orang yang bersedekah pada saat seperti ini sangat dicintai Allah SWT dan dipastikan akan diganjar pahala luar biasa.

bersedekah setelah menunaikan kewajiban. Allah berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 219: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, “Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya.” Dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, “Kelebihan (dari apa yang diperlukan).” Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkan.”


Rasulullah juga bersabda, “Sedekah terbaik adalah yang dikeluarkan dari kelebihan harta,” (HR Bukhari).

Bagaimana? Adakah dari kita yang mengingat untuk bersedekah di waktu – waktu emas tersebut? Sesungguhnya harta yang kita miliki tidak akan dibawa mati. Jangan sampai kita bersedekah saat waktu hidup kita tepat berada di penghujung karena tentu saja tidak akan ada manfaatnya. Yuk bersedekah mulai dari sekarang.

Share:

Tags: