Kolom Inspirasi

Seringkali mendengar makna baik bersedekah? Namun, di sisi lain ada pula yang menyerukan ajakan berinfak? Sebagai orang awam, tentu kita bingung bukan dengan kedua istilah tadi? Secara garis besar, kebanyakan dari kita menganggap kedua sebutan ini memiliki arti yang sama. Jika sama, lantas mengapa istilahnya berbeda ya?

Keduanya mungkin saja bisa dianggap sama Kawan, namun makna sebenarnya cukup berbeda lho. Sedekah bisa kamu lakukan dengan banyak hal. Sedekah memiliki pengertian yang lebih luas dan tidak terbatas hanya pada pemberian harta saja. Berbagi tenaga, waktu, hingga senyuman dengan ikhlas termasuk ke dalam kategori sedekah.

Sementara itu, infak merupakan aksi amal baik yang cakupannya terbatas hanya pada pemberian harta saja. Dengan kata lain, melalui infak hal yang kita bagi atau beri sudah pasti merupakan materi. Oleh karena itu tidak jarang seruan infak disertai dengan estafet kotak amal saat kamu sedang beribadah atau mengunjungi  Masjid.

Baik sedekah atau infak keduanya dianjurkan untuk dilakukan tanpa pamrih. Keikhlasan merupakan modal utama menjalani kedua hal baik ini. Jika kamu dalam keterbatasan, kamu bisa memanfaatkan tenaga dan waktumu lho untuk melakukan sedekah sebagai aksi amal. Sebaliknya, jika kamu sedang merasa berlebih, tidak ada salahnya berbagi sedikit dengan teman – teman yang membutuhkan.

Share:

Tags: