Detail Blog

Dihari ini kita berada di 10 hari-hari terbaik di bulan Dzulhijjah, Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menerangkan, keutamaan dari 10 hari pertama bulan Dzulhijjah terletak pada siang hari. Sedangkan, untuk malamnya berada dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Disebutkan dalam sebuah hadits yang berasal dari Ibnu Umar ra. Nabi SAW bersabda,

"Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)." (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir)

Salah satu untuk memuliakan atau mengagungngkan hari-hari terbaik di bulan Dzulhijjah ini adalah dengan memperbanyak amal shalih, salah satunya adalah dengan melakukan sedekah.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menceritakan bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Yaa Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhal?’

Jawab Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sedekah yang engkau berikan ketika engkau masih muda, pelit harta, bertumpuk angan-angan untuk hidup mewah, dan takut bangkrut”. (HR. Ahmad 7407, Nasai 2554, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Betapa sulitnya ketika ia harus bersedekah dikala sedang mengejar karir, harapannya, obsesi serta cita-citanya yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Mungkin ia butuh perang batin dengan diri sendiri untuk ikhlas mengeluarkan Rp,10.000 saja. Karna itulah, nilainya lebih afdhal daripada yang lainnya.

Yu lebih maksimalkan lagi untuk mengamalkan hari-hari terbaik di bulan Dzulhijjah, tetap semangat untuk menjalaninya.

Share:

Tags: