Kolom Inspirasi

Secara terminologi, itikaf berarti berdiam diri di masjid disertai dengan niat. Tujuannya adalah beribadah kepada Allah SWT, khususnya ibadah yang biasa dilakukan di masjid. Untuk dapat memaksimalkan itikaf, anda dapat melakukannya dengan sholat wajib atau sunnah, membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan lain sebagainya.

Mengerjakan itikaf pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan lebih diutamakan dibanding pada waktu-waktu yang lain. Hal ini karena dapat menggapai keutamaan Lailatul Qadar yang waktunya tidak bisa diprediksi secara pasti. 

Sebagai suatu amalan yang sangat dianjurkan di bulan ramadan, Itikaf memiliki banyak keutamaan. Keutamaan Itikaf yang didapatkan oleh manusia yang mengerjakannya akan sangat berguna baginya, bahkan menjadi bekal pahala yang besar. Berikut keutamaan yang didapatkan dari Itikaf, antara lain:

1. Dihapusnya dosa dan digantikannya dengan kebaikan

Keutamaan yang pertama ialah dihapuskannya dosa-dosa di masa lampau kemudian digantikannya dengan banyak kebaikan. Tentu saja penghapusan dosan merupakan pahala yang selalu diidamkan oleh manusia karena setiap manusia pasti memiliki banyak dosa yang bisa menghambatnya menuju surga. Seperti yang diriwayatkan dalam hadis Ibnu Majah,

“Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah menjelaskan berkaitan dengan orang yang beriktikaf: “Ia berdiam diri dari dosa-dosa dan dialirkan baginya kebaikan seperti orang yang melakukan semua kebaikan.”

2. Pahala mengerjakan Itikaf digambarkan seperti pahala haji dan umrah

Siapa sangka mengerjakan Itikaf mengandung pahala yang begitu besar bahkan digambarkan seperti pahalanya orang yang tengah melaksanakan ibadah haji dan umrah. Diriwayatkan dalam Hadis Baihaqi,Rasulullah bersabda,

"Barang siapa itikaf 10 hari di dalam bulan Ramadan maka (dapat pahala) seperti orang yg dua kali haji dan dua kali umrah."

3. Berkesempatan mendapatkan malam Lailatul Qadar

Rasulullah SAW beriktikaf pada sepuluh hari terakhir dengan tujuan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar, untuk menghilangkan dari segala kesibukan dunia, sehingga mudah bermunajat pada Allah SWT, banyak berdoa dan banyak berdzikir ketika itu.

 

Share:

Tags: