Kolom Inspirasi

Perayaan Hari Raya Idul Adha tinggal lah beberapa minggu lagi bahkan hari , bagi yang telah merencanakan qurban tahun mungkin masih bertanya-tanya siapa saja yang berhak menerima daging qurban?

Ibadah qurban selain kita mengingat akan perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putra nya yaitu nabi Ismail, ibadah qurban juga sebagi bentuk rasa syukur kita dan salah satu ibadah yang manfaatnya bisa dirasakan oleh orang lain.

Adapun siapa saja yang berhak menerima ibadah qurban yaitu :
1.    Mereka dan keluarga yang berqurban
2.    Kerabat atau tetangga, pasalnya berqurban sama dengan berbagi. Oleh karena itu berbagi makanan lewat hewan yang kita qurbankan tentu menghasilkan banyak pahala dan keberkahan di dalamnya Kawan.
3.    Mereka yang fakir miskin membagikan daging qurban pada kaum fsakir/ dhuafa ini hukumnya wajib. Bahkan keberkahan dari kebahagiaan mereka yang ditimbulkan sangatlah tinggi. Terutama jika kita bisa berbagi daging qurban hingga ke pelosok nusantara. Tentu saja pahala yang didapat sangatlah berlipat.

Golongan fakir dan miskin berhak menerima daging dari hewan kurban. Hal ini dikarenakan Allah memerintahkan untuk memberikan makan kepada orang fakir miskin dari daging hewan kurban, sebagaimana difirmankan dalam Al-Qur'an surat Al-Hajj ayat 28 dan 36.

Nah, agar niat sedekah qurbanmu ga sampai disini saja yuk ikuti program Berqurban dan Berbagi Bersama Karawang Peduli. Melalui program ini kamu bahkan bisa berbagi meski dalam keterbatasan lho. Tentu saja, ini jadi solusi berbagi paling mumpuni selama pandemi ini kan.

Share:

Tags: