Kolom Inspirasi

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Di bulan ini, Allah SWT menjanjikan banyak limpahan pahala bagi umat-Nya yang mau beribadah. Dalam HR Bukhari Muslim, dijelaskan, "Setiap amal anak adam dilipatgandakan pahalanya pada bulan Ramadhan. Tiap satu kebaikan, dilipatkan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat".

Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan suci Ramadhan adalah memperbanyak membaca Alquran.

Rasulullah mengatakan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al-Qur’an akan diberikan balasan 10 kali lipat oleh Allah.

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan, dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Mengapa kita dianjurkan mengkhatam alquran dibulan ramadhan?

Selain karena pahala ibadah akan berlipatganda, Ramadhan juga identik dengan bulannya Alquran. Di bulan suci ini, Allah SWT untuk pertama kalinya menurunkan ayat Alquran. Dalam QS Al-Baqarah ayat 185 dituliskan, "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)...".

Tentu saja, mengetahui hal tersebut seharusnya menjadikan pengingat kepada kita tentang betapa luar biasanya berkah membaca Al-Qur’an. Terkhusus lagi di bulan Ramadhan dimana setiap pahala akan dilipat gandakan lagi.

Namun, bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips khatam Alquran di bulan Ramadhan yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Membangun Niat

Niat dibutuhkan untuk membangun tekad kuat agar seseorang dapat mengerjakan suatu ibadah dengan istiqamah. Tentu saja mengkhatamkan Alquran harus diniati untuk mengharap ridha Allah SWT.

Rasulullah bersabda,“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari, no.1 dan Muslim, no.1907).

Buatlah komitmen dan yakinkan diri sendiri bahwa Anda dapat khatam Alquran selama Ramadhan.

2. Rencanakan Rutinitas dan Waktu Membaca

Sebelum memulai bacaan, sangat penting untuk merencanakan rutinitas dan waktu agar kamu bisa khatam Alquran meski sibuk dengan aktivitas harian. Kamu mungkin bisa membacanya saat jam istirahat atau waktu senggang lainnya.

Buatlah rencana yang realistis bagaimana menyelesaikan bacaan Alquran dalam waktu sebulan dengan membagi setiap Juz per hari. Susun rencana secara bijaksana dan tinjau terus-menerus. Setelah itu wujudkan ke dalam tindakan.

Salah satu waktu terbaik untuk membaca Alquran, adalah setelah sahur atau satu atau dua jam sebelum pergi kerja atau sekolah. Nabi Muhammad meminta kepada Allah untuk memberkati umat Islam di waktu awal-awal hari. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa belajar di pagi hari membangkitkan kinerja yang lebih baik pada siswa. Jadi jangan lewatkan membaca Alquran di pagi hari.

3. Baca 1 Juz Setiap Harinya

Untuk khatam Alquran selama Ramadan, pastikan untuk membaca ayat Alquran sebanyak satu juz setiap harinya. Jika memiliki banyak waktu luang, sebaiknya membaca ayat Alquran lebih dari satu juz setiap harinya. Baca ayat Alquran selepas berbuka puasa sambil menunggu tarawih atau selepas sahur sambil menunggu pagi.

Kamu juga bisa membaca Alquran sedikitnya 2 lembar di setiap selesai salat 5 waktu. Pastikan untuk konsiten membaca Aquran selepas salat 5 waktu ini. Dengan sedikitnya membaca ayat Al-Quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman, kamu bisa mencapai target satu juz dalam satu harinya.

4. Pahami Alquran dan tetap Konsisten

Baca terjemahan tiap ayat ketika membaca Alquran sehari-hari. Memiliki pengetahuan dasar tentang tema, topik, pesan dan makna dari apa yang kamu baca, membuat acara membaca Alquran menjadi pengalaman yang sangat menggembirakan. Kamu bahkan tidak ingin kehilangan momen tersebut.

Kunci keberhasilan adalah konsistensi. Setelah kamu memetakan rencana, maka konsistenlah dengan rencana itu. Ingatkan diri tentang kebesaran bulan Ramadhan, yang memberikan kesempatan bagi spiritual untuk meningkat, termasuk hubungan dengan Alquran.

5. Bacalah Sebelum dan Sesudah Salat

Membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah salat merupakan rumus yang umum dilakukan. Seseorang cenderung akan lebih ingat dengan niatnya untuk membaca Al-Qur’an apabila dia tengah melakukan ibadah yang lain

Itulah tips khatam Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan . Adapun penerapannya sangat mungkin dilakukan apabila kita benar-benar meniatkan sungguh-sungguh dari hati. Selain dapat menambah keimanan, membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan merupakan kegiatan yang positif dan membawa berkah.

Demikian. Semoga tips di atas dapat memberikan kebermanfaatan.

Sumber : berbagai sumber

 

Share:

Tags: